13 November 2009

Having fun with PROGRAMMING ?

Udah 2 taun lebih kuliah di jurusan Sistem Informasi. Rasanya belum bisa dibilang expert di satu bidang yang dipelajari di SI. Sebenernya, aku ga gitu suka sama programming. Tapi, apa sih yang bikin aku stress? Mungkin bukan karena stress, tapi takut. Kalo denger kata "programming" tuh rasanya kaya monster aja deh.. Ya ga?? haha. Mungkin kalo buat sebagian besar org yang emang concern di bidang ini ya ga akan ngomong kaya aku. Nah, hari ini, tepatnya di kamar mandi (bathroom is my inspiration ^^, tiba-tiba aku pengen banget bisa programming. Java, ASP.net, C#, PHP. Yay..! Kalo ditanya, dari beberapa bahasa pemrograman itu, mana yang paling aku suka? Aku suka PHP (Stress with it.I think it so interesting to learned). But, itu jg paling susah buat aku. Sekarang ini aku lagi belajar ttg ASP.net. Menarik juga lho.. Tapi kok, banyak yang bikin aku bingung ya.. Tapi juga, aku jadi pengin bisa!! Can I ???

07 November 2009

Demam Plurk ??!!

Zaman sekarang, siapa sih yang ga tau Facebook, Twitter , atau Friendster ? Pasti seluruh masyarakat di berbagai negara sudah tau bahkan sudah punya accountnya di situs jejaring sosial tersebut. Nah, saat ini ada satu lagi situs jejaring sosial (social networking) yang lagi menjamur. Namanya adalah Plurk. Plurk adalah layanan mikro-blog atau blog mini kata yang mengijinkan penggunanya mengirimkan pesan - pesan pendek, atau kalau anak muda bilang : "update status". :)

Plurk yang diluncurkan bulan mei 2008 ini, hanya dapat menampung sekitar 140 karakter yang dapat kita tulis, baik untuk update status atau hanya mengkomentari status milik teman. Dan tentu aja ga semua teman yang ada di friend list kita dapat melihat status yang kita update. Tergantung, kita mengeset private atau public. Selain itu, ada pula fasilitas follow, dimana kita bisa mengikuti update status milik teman lain, baik yang sudah kita add atau belum.
Ini dia tampilan Plurk punya ku :


Sistem di plurk menggunakan sistem reward yang diberi nama KARMA. Jadi, ketika KARMA bertambah, kemampuan seseorang untuk mem-personal-kan plurknya juga semakin terbuka.


Lalu, apa yang dapat meningkatkan KARMA seorang pluker (istilah untuk pengguna plurk) ? Caranya adalah :

  1. Keaktifan pluker dalam mengirim plurk (atau update status) => saranku, kalau bisa sih setiapmenit, bahkan detik update teroozz :D
  2. Response / tanggapan teman dalam status kita (komentar - komentar yg ada)
  3. Banyak - banyaklah add teman, ketika mereka accept request kita, KARMA akan semakin naik. Tapi, kalau teman mereject request kita, hati-hati KARMA bisa turun lho..
  4. Selain add teman, bisa juga kita invite teman yg belum punya account plurk.. Misalnya seperti ini : http://www.plurk.com/shamasterpiece/invite


Contoh salah satu plurk beserta komentar nya :


Lalu, apa keuntungannya kalo KARMA naik?
  1. Pada awal terdaftar sebagai pluker, lihat deh emoticon yang kamu punya pasti masih sendikit. Nah, kalo semakin banyak KARMA yg kamu punya, emoticon yang bisa kamu pake jadi semakin banyak juga.
  2. Bisa ganti themes lho... ^^ Ini dia yang paling aku suka... Untuk mengganti themes plurk kita, bisa dilihat di http://plurk-layout.com/ atau http://www.plurklayouts.com/ atau http://theplurklayouts.com/ atau http://templatize.blogspot.com/2008/09/free-plurk-themes-and-how-to-install.html dan sebagainya..
  3. Yang pasti, ada rasa bangga dong.. Bisa melebihi temen kita yang lain... hahaha :))

Fitur-fitur lain :
  1. Ada timeline, dimana kita bisa liat kapan kita mengupdate status kita.
  2. Penanda pesan berwarna
  3. Clique dan pesan pribadi
  4. Pencarian teman yang mudah
  5. Bisa share video dan foto
  6. Penanda atau qualifier yang digunakan dalam pesan kita, misalnya : "asks", "says", dll
  7. Ada Prinsip Awarenessnya yang bernama Alerts. Sehingga, kita akan tau siapa yang sudah accept friend request kita atau siapa saja yg masih belum accept.
Oia, sampai - sampai Yahya Kurniawan, S.T, seorang pluker dengan KARMA 100 menulis buku berjudul : Having Fun With Plurk.

Menarik banget kan? Yep, so ... Terusin naekin KARMA yaa!!
CMIWW--

06 November 2009

Astro Boy [The Movie 2009]

Kalo kita inget dulu waktu zaman-zaman masih kecil.. Ada film yg namanya Astro Boy.
Nah, sekarang film Astro Boy udah dirilis lho di bioskop - bioskop Indonesia mulai 23 Oktober 2009 kemaren.



Ini dia pren, siapa aja yg berjasa dalam pembuatan film ini :

Director David Bowers (flushed away)

Writing credits
Osamu Tezuka (comic series)
Timothy Harris (screenplay) (space jams)

CAST
Freddie Highmore ... Astro Boy (voice)
Nicholas Cage ... Dr. Tenma
Donald Sutherland ... General Stone
Bill Nighy ... Dr. Elefun
Kristin Bell

Untuk Sinopsis nya.....

Film CG animasi yang berdasarkan dari film anime klasik Jepang yang bercerita tentang robot yang memiliki banyak kekuatan super dan kembali ke rumahnya di Metro City untuk menyelamatkan semua yang ia kasihi dan untuk mengerti caranya menjadi seorang pahlawan. Setting film terletak di kota metro di masa depan. Astro Boy adalah seorang robot yang memiliki kekuatan luar biasa dan diciptakan oleh seorang ilmuwan yang luar biasa dengan rupa anaknya yang telah meninggal. Karena tidak bisa memenuhi harapannya, pahlawan kita melakukan perjalanan dalam mencari eksistensi, merasakan pengkhianatan, dan melawan robot-robot gladiators, sebelum dia kembaliuntuk menyelamatkan Metro City dan bertemu kembali dengan ayahnya yang telah membuangnya.

Film yang berdurasi 94 menit ini udah maen di Bioskop di Jakarta.. Tapi, ane gtw jg dah maen di Jogja ato belon..

Silahkan lihat jg trailer nya :


Posted by : -sHa-

30 Oktober 2009

7 hal yang ga boleh dilakukan setelah MAKAN ^^

Berikut adalah tips apa saja hal-hal yang tidak boleh dilakukan setelah Makan.
Baik makan pagi, makan siang, maupun makan malem, hehe.


1).Jangan merokok. Penelitian dari para ahli membuktikan bahwa merokok sebatang rokok setelah makan sama dengan merokok 10 rokok (kemungkinan terserang kanker lebih besar)





2). Jangan langsung makan buah-buahan. Langsung makan buah-buahan setelah makan akan menyebabkan perut dipenuhi dengan udara. Untuk itu makanlah buah-buahan 1-2 jam setelah makan atau 1 jam sebelum makan.






3). Jangan minum teh. Karena daun teh sebagai bahan utama untuk membuat teh mengandung kandungan asam yang tinggi. kandungan ini akan menyebabkan kandungan protein pada makanan yang telah kita konsumsi sulit untuk dicerna.





4). Jangan mengendorkan ikat pinggang. Mengendorkan Ikat pinggang setelah makan akan menyebabkan usus terbelit dan terblokir.







5). Jangan mandi setelah makan. Mandi akan menaikan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut kita.




6). Jangan berjalan-jalan. Orang-orang sering mengatakan bahwa berjalan beberapa langkah setelah makan akan memperpanjang umur. Pada kenyataannya hal ini tidaklah benar. Berjalan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah kita makan.






7). Jangan langsung tidur. Apabila setelah makan langsung tidur menyebabkan makanan yang kita makan tidak dapat dicerna secara baik. Hal ini akan menyebabkan usus mengalami kembung dan peradangan.




Wah rada ekstrim juga ya.. Sampai segitunya ternyata .. hehe.
Tapi dari situ, kita bisa belajar hidup lebih sehat lagi lho! Apalagi setelah makan.. :)


-dari berbagai sumber-

29 Oktober 2009

MuuPin daku LapieQ cayank T.T

Tanggal 28 oktober 2009 jam 13.00 lapie q positif terkena virus….fiuh, padahal hari thu aq lagi ga mood banged…hari yang bener-bener bikin cape. Ga taw kenapa kemaren thu bener-bener hari yang bikin sensi banged d…*huakaka ngomong-ngomong apa hubungannya ma lapie q yaaaa…malah curhat ne*

Tapi ne mang bener-bener kudu diceritain bis kalo gag bikin seterez, gag dapet korban buat ngelampiasin seh..uhukuhuk =p…haha…itung-itung sekalian menuh-menuhin blog getoo^^.

Ya intinya kemaren thu bener-bener hari yang bikin aq gag mood banged deh..mungkin gara-gara tanggal tua, persediaan money menipis…haha. Trus juga ada camp minggu depan yang notabene harus membayar sejumlah uang sebesar 325.000rupiah anddd paling lambat thu sabtu besok dah harus kumpul di tangan kakak kelas. Dan tragisnya lagi>.< pundi-pundi didompetq udah gag tersedia uang sebanyak itu…huhu..trus yang amat sangat tragisnya lageeee, aq gag isa menghubungi mamaQ buat dikirimin duit. Entah hape q yang error ato telpon rumah yang rusak ato signalnya yang dudul ato faktor-faktor laen, ga taw lah..lengkap sudah penderitaanQ.

Oya ditambah dua lagi yaitu besok sabtu aq ujiaaaaaaaan…euh bahannya banyak banged guys. Udah geto waktu belajarnya mepet banged. Hari jumat thu aq kuliah dari jam tengah 7 pagi sampe jam 4 sore. Sebenernya sih tiap hari thu mungkin isa dicicil belajar geto ya. Tapi entah mengapa aq ga pernah ada hasrat kalo disuruh belajar hari sebelum-sebelumnya ya pertama soalnya klo belajarnya dah rada lama geto aq mudah banged lupa. Sia-sia dunk klo geto blajar dihari sebelonnya. Trus yang kedua thu rasa-rasa badan tuh dah cape banged klo pulang kuliah, bawaanya pengen tidur langsung pas dah sampe humz.
*gag sa diubah thu kebiasaan yang dah mendarah daging…hahaha kebiasaan ngebo =D*

ya walo lum tentu aq sa tidur juga geto pas aq dah siap-siap maw tidur ada aja halangan yang bikin aq ga jadi mengantuk dan mengurungkan napsuQ buat tidur….haha..

Mana kuliah thu jarang banged deh ada yang tepat waktu. Kebanyakan thu kuliah-kuliah pakar yang diadain, dosennya pada gag dateng. Trus diundur-undur jamnya mpe pulang humz thu kadang-kadang udah jam 4 sore ato pernah juga sampe jam 6 malem lhow. Bayangin deh padahal berangkat juga udah jam6 pagi
*humz sodaraQ jaoh ma kampus jadi kudu berangkat kurang lebih setengah jam sebelonnya*
bayangin aja berangkat jam segitu, bangunnya jam berapa bok? Jam5 tiap hare TT_TT kecuali selasa.

Ehem….kembali ke inti masalah soal lapie q ..hiks…karena maksud hati berbaek hati minjemin lapie ke temen, tau-tau pas beberapa menit geto koq bunyi tulit-tulit *khas avira^^* nah aq samperin de thu temen q beserta lapie q yang di tangannya dia, hua tiba-tiba aq nglihat tanda-tanda ditemukan virus di lapieq. Udah geto kan aq pikir paling juga Cuma virus satu dua ini gag begitu bahaya. So, aq sante aja. Malah temen-temen yang disebelah q pada bingung ndiri bis thu peringatannya dah dibuat ‘delete all’ geto tapi malah kluar-kluar teros>.<

Sampenya dihumz aq buka lapie q lagi. Tapi pas dihidupin pasti ada peringatan apa lah geto pake bahasa planet..haha..intinya ada database windowsnya yang ilang, nah setelah itu aq langsung cepet-cepet cari pertolongan gawat darurat pertama neh, yaitu sms heri..wakakak *dia masternya virus..wakakakak ^^v* trus setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut diputuskan bahwa lapie q terserang virus…hiks…hiks…sedih banged, hancur hatiq pas denger kabar itu *halah lebay mode ON..hahaha* thu kan efek samping dari stress>.< harap maklum ya buat yang baca…=p

Percaya gag percaya aq dah dapet feeling neh dari sebelon-sebelonnya. Pas thu dosen q entah ada angin apa ngomongin ‘dek klo maw nyimpen data-data thu lebih baek ditaro di disk D: takutnya klo pas kena virus’ *dosennya baru geto fresh from d oven jadi manggilnya dek2 an…hahah*

Tapi dengan santenya aq gag gitu menghiraukan. Pikirku, ah paling juga klo kena virus gampang paling tinggal minta updatean avira trus di scan d beres to..bis sebelon-sebelonya aq juga dah sempet kena virus geto 2 x tapi berhasil aq buang jaoh2..wakakaak..jadi aq menganggap enteng geto. Eh ga tawnya aq kena batunya de…huks..huks…fiuh..tar kalo jadi hari sabtu maw diinstal ulang, dibantuin heri…doain muga-muga berhasil yaaaw temand-temand..bis aq lom pernah install ulang lapie *lebhay lage to…kumat-kumat an nech =p*..lah kompi q ja dulu harusnya hamper di install ulang geto tapi aq bela-belain gag install ulang koq n akhirnya juga viruses a ilang cukup dengan updatean avira^^.

Slaen itu lapie q ni kadang-kadang suka not responding geto, nah kalo udah geto aq sering langsung cabut batrenya..pokonya kasian banged de nasib lapie q ne>.< slama ne aq gag memperlakukannya dengan selayaknya sebuah lapie (buat bantal pas bobo, buat tatakan meja, buat kursi..hahah multifungsi ta^^)..*sekarang pas kena virus ja ru sadar=__= huhu*.

28 Oktober 2009

Ilmu Rahasia dari Berbagai macam Guru

Banyak mahasiswa yang berpikir : kenapa sih kok IP kuliahku cuma segini? kenapa sih kok aku tidak bisa sepintar si A? kenapa sih kok dia malas2an, tapi dia bisa dapaet IP bagus? kenapa sih kok dia yang kerjaannya maen mulu bisa dapaet nilai bagus, sedangkan aku yang belajar terus ga dapet bagus?

Berikut ini adalah ilmu - ilmu yang kudapatkan selama aku hidup, semoga dapat menjawab semua pertanyaan di atas :
1. Learn yourself
Hal ini adalah hal pokok yang harus dilakukan. Kita harus mengenali diri kita sedalam mungkin. Untuk dapat melakukan hal ini, kita dapat menggunakan SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats).
  • Strength adalah sisi positif/kekuatan yang ada dalam diri kita. Kita harus mampu menemukan Strength kita dan mengakuinya. Contoh Strength : pandai, pintar, terampil, rajin, kaya, punya banyak teman/koneksi, memiliki fasilitas yang memadai/berlebihan, memiliki kemampuam motorik yang bagus, pandai menirukan, bisa mengerti dengan cepat, dll. Pokoknya, list semua sisi positif yang dapat menjadi kekuatan kita dan masukkan dalam Strength. Berikut adalah pertanyaan2 yang dapat membantu kita menemukan Strength kita masing - masing : (1) Apa yang kamu miliki? (2) Apa yang dapat kamu lakukan lebih baik dibanding orang lain?

  • Weaknesses adalah sisi negatif/kelemahan yang ada dalam diri kita. Kalau kita tidak dapat mengenali kelemahan kita, bagaimana mungkin kita dapat memperbaiki/mengurangi/mengeliminasinya. Oleh karena itu, kita harus mengenali kelemahan kita. Contoh weaknesses : sakit2an, kurang pandai, lambat belajar, ceroboh, dll. List semua kelemahan kita dan masukkan ke dalam weaknesses ini. Berikut adalah pertanyaan yang dapat membantu kita menemukan Weaknesses kita : (1) Apa yang dapat kamu tingkatkan? (2) apa yang sebaiknya kamu hindari?
  • Opportunities adalah kesempatan/sisi positif yang datang dari luar diri kita. Sesorang yang sukses adalah orang yang dapat melihat kesempatan. Oleh karena itu, kita harus mencoba melihat kesempatan di sekitar kita yang dapat kita gunakan. Contoh dari opportunities : adanya teman yang membentuk kelompok belajar (ikut aja), adanya seminar, adanya pelatihan, adanya workshop, adanya trend yang mengarah pada suatu hal. Berikut ini adalah pertanyaan yang dapat membantu kita menumukan Opportunities : (1) Ada event apa di sekitarmu? (2) Trend apa yang sedang/akan terjadi?
  • Threats adalah ancaman/sisi negatif yang datang dari luar diri kita. Ancaman ini harus dikurangi, dieliminasi, atau bahkan kalau bisa dapat dijadikan menjadi suatu Opportunities. Contoh threats : masalah keuangan, batasan kuliah 7 tahun, kuliah yang tertinggal, dll. Berikut ini adalah pertanyaan yang dapat membantu kita menemukan Threats : (1) Hambatan apa yang kamu hadapi? (2) Perubahan apa yang sedang/akan terjadi yang dapat mengancammu?
Setelah membuat SWOT tersebut, cobalah untuk membuat rencana2 untuk memanfaatkan Strength dan Opportunities dan mengurangi/mengeliminasi Weaknesses dan Threats berdasarkan SWOT. Misal: aku punya weaknesses kurang pandai, memiliki strength rajin dan opportunities ada kelompok belajar. Maka, aku akan menambah jam belajar dan berusaha ikut dalam kelompok belajar.

Yang perlu diingat adalah, tidak ada manusia yang dilahirkan sempurna dan tidak ada manusia yang dilahirkan sama persis (manusia kembar aja punya sidik jari yang berbeda). Oleh karena itu, jangan iri terhadap apa yang dimiliki orang lain, karena orang lain tersebut juga pasti memiliki kesusahan tersendiri. Sebaliknya, kita harus berpikir "kalo dia bisa, harusnya aku juga bisa" ~> akan tetapi caranya bisa berbeda karena tiap orang itu berbeda.

2. Do not Reasoning
Jangan selalu membuat alasan untuk setiap kegagalan yang kita perbuat. Karena, dengan membuat alasan, kita berusaha untuk "membenarkan" diri kita sendiri walaupun kegagalan tersebut memang kesalahan kita. Semakin banyak kita membuat "alasan", semakin kita ketagihan untuk membuat "alasan". Hal ini dapat berakibat membuat kita malas untuk berusaha lebih baik. Oleh karena itu, bila kita gagal, akui kegagalan itu dan berusaha untuk bangkit, bukan dengan membuat segudang macam alasan bahkan sampai menyalahkan orang lain atas kegagalan kita.

3. Recondition
Bagi sebagian orang, mereka dapat belajar/mengerjakan tugas sendiri dalam keadaan apapun. Akan tetapi, banyak juga orang yang hanya dapat belajar dalam kondisi tertentu. Oleh karena itu, diperlukan adanya recondition agar kita dapat "terpaksa" untuk melakukan sesuatu. Misalnya : aku orang yang malas belajar. Oleh karena itu aku perlu membuat suatu kondisi agar aku "terpaksa" belajar. Cara membuat kondisi ini ada macam - macam cara. Salah satunya adalah mencari guru untuk memprivateku. Guru yang dicari tidaklah harus dosen. Akan tetapi bisa juga teman. Akan tetapi hal ini biasanya masih belum cukup untuk membuat orang "terpaksa" belajar. Oleh karena itu bayar orang yang jadi guru itu dari hasil menyisihkan uang jajan. Dengan demikian maka kita akan merasa, "wah, eman-eman kalo aku ga belajar, udah bayar je". Kalo kita hanya private gratisan dengan teman kita, maka cenderung menganggap remeh private tersebut dan tidak berkonsentrasi belajar. Oleh karena itu diperlukan adanya insentif uang yang disisihkan dari uang jajan kita agar kita termotivasi untuk belajar.
Ini hanya salah satu cara, masih banyak cara rekondisi lainnya, seperti : ada pacar baru bisa belajar, ada kelompok belajar baru bisa belajar, dll.

4. Teaching
Mungkin pertamanya kita akan merasa takut untuk mengajar karena merasa "aku aja nggak bisa kok malah disuruh ngajari orang lain". Akan tetapi manfaat dari mengajar ini sangat banyak, kita dapat saja menemukan kesalahan yang belum pernah kita perbuat sehingga bila di kemudian hari kita menemukan kesalahan yang sama, kita dapat dengan cepat mengkoreksinya. Selain itu dengan mengajar, kita juga "terpaksa" memahami bahan yang akan kita ajarkan sehingga pemahaman kita tentang bahan tersebut bertambah. Kita dapat juga menarik bayaran (lumayan buat tambahan uang saku :D).
NB : kalau cari murid, cari murid yang benar - benar ingin belajar. Karena kalau ketemu murid yang tidak benar - benar ingin belajar, kita hanya menghabiskan waktu dan tenaga tanpa mendapatkan hasil apapun

5. Practices makes perfect
Seperti halnya belajar bahasa, semakin banyak kita berlatih, kemampuan kita makin terasah. Oleh karena itu, jangan malas untuk mulai berlatih. Bila tidak mampu berlatih sendiri, buatlah kondisi seperti yang dijelaskan pada bagian Rekondisi.

6. Think and Try Again
Bila menemui masalah, jangan hanya menyerah, melainkan berpikirlah kenapa kok bisa begini kenapa kok bisa begitu. Coba pikirkan cara pemecahan masalah tersebut, kemudian coba lagi hingga berhasil. Apabila berhasil, akan ada suatu kepuasan tersendiri yang akan kita rasakan karena itu adalah hasil usaha kita sendiri.

7. Balancing
Selain belajar, kita juga tidak boleh melupakan hal - hal di luar kegiatan akademik. Contohnya : bersosialisasi, bermain game, jalan - jalan, berolahraga, makan makanan yang bergizi, refreshing, isitrahat dll. Bermain game terbukti dapat meningkatkan kemampuan logika otak. Berolahraga juga penting karena dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat. Selain itu menjaga asupan gizi juga berperan penting karena, tanpa adanya asupan gizi yang memadai, gimana otak mau bekerja, ibarat mobil kehabisan bensin. Refreshing juga penting, karena dengan melakukan refreshing, otak kembali jernih. Dan juga jangan lupa untuk beristirahat. Semuanya harus seimbang, jangan hanya berat di belajar atau bermain - main saja. Contoh : bila ada yang pernah nonton Kyle XY, pasti tau bahwa dia adalah orang yang memiliki otak dengan aktivitas otak berlebihan. Walaupun dia menjadi sangat pintar, dia tetap harus meningkatkan kekuatan tubuhnya agar dapat mengimbangi otaknya

8. Berdoa
Hal ini sudah pasti karena sehebat apapun usaha kita, tetap Tuhan yang menentukan hasilnya. Akan tetapi jangan menganggap bahwa hanya cukup dengan berdoa saja tanpa berusaha maka kita dapat berhasil karena Tuhan tidak mungkin mensukseskan orang yang tidak berusaha.


Sekian tulisan dari saya, semoga dapat menjawab pertanyaan - pertanyaan di atas. Kalau ada salah, saya mohon maaf, kalau ada kritik dan saran, komen aja

22 Oktober 2009

Kecerdasan Ditentukan di saat Tidur lho.. !

Manusia normal yang berada di atas bumi pasti melakukan aktifitas ini, meskipun cuma 1 jam tiap hari. Jaman dahulu kala orang tidur memakai bantal kayu atau batu atau bahkan tidak memakai bantal. Sekarang aja enak, orang tidur pakai yang 'empuk-empuk.
Kebiasaan tidur dengan bantal kayu atau batu, menyebabkan orang-orang dahulu bisa bangun dengan segar bugar, karena tubuh mereka bisa beristirahat total saat tidur. berbeda dengan mereka yang tidur di atas kasur empuk, tubuh mereka tidak bisa istirahat dengan total, kenapa ya? karena saling menekan dengan alas tidurnya.

Posisi tidur yang benar adalah :
Tubuh miring ke kanan dengan kaki bagian atas di tekuk, dan tangan kiri sebagai bantal. Tidur dengan posisi ini bermanfaat agar mengalirkan darah ke otak dengan sempurna, karena posisi kepala lebih rendah dari jantung.
Posisi tidur yang membuat bodoh adalah :
Terlentang, tengkurap, dan kaki mengangkang. Posisi ini diibaratkan sebagai cara tidurnya binatang, karena aliran darah tidak lancar, perut dan dada tertekan, juga aliran darah ke otak juga terhambat.





Saat tidur yang baik adalah jam 20.00 WIB - 01.00 Pagi.
Selanjutnya 01.00-04.00 digunakan untuk belajar, pukul 04.00 - 06.00 untuk olahraga, dan seterusnya...
Saat tidur yang tidak baik adalah pukul 06.30 WIB setelah matahari terbit, pada tengah hari pukul 11.30 - 12.00 WIB dan pukul 17.30 WIB saat matahari tenggelam. Tidur pada saat tersebut akan mengakibatkan seseorang linglung dan separuh kesadarannya hilang, diakibatkan oleh keseimbangan alam yang pada waktu-waktu tersebut harus berada pada kondisi sadar.

Tidur yang baik berada dalam keadaan atau ruang yang gelap, terhindar dari cahaya yang menyengat dan silau. Rangsang cahaya yang terlalu banyak, menyebabkan otak tidak optimal dalam melakukan defragmentasi data-data yang terekam sebelum tidur, hal ini akan berdampak kepada daya ingat pada jangka waktu yang lama.